Tips kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai cara belajar di rumah, Apa saja sih tipsnya? Simak, yuk!

1. Rutin belajar tapi sebentar

Jangan paksakan diri kamu untuk belajar dalam waktu yang lama. Setelah seharian otak “mengepul” di sekolah, saat di rumah kamu butuh istirahat juga, kok. Biar efektif, usahakan waktu belajar selalu rutin, misalnya pukul 16.00 selama 25-30 menit saja. Setelah itu, lanjut lagi malam hari pukul 19.00 selama 25-30 menit juga.

Meskipun sebentar, namun upayakan agar waktu 25-30 menit itu benar-benar maksimal untuk belajar. Jika waktu sudah selesai, baru deh kamu boleh main gadget atau istirahat. Bila perlu, pakai stopwatch untuk menghitung waktu belajarmu!

2. Perbanyak latihan soal

Dengan memperbanyak kerjakan soal ini, otakmu diasah untuk terus berlatih dan menggali hal-hal baru. Kalau ada pertanyaan baru, tentu saja kamu pun jadi belajar materi baru. Selain bisa memperkaya pengetahuan, latihan soal pun membantu kamu lebih lancar dalam ujian karena sudah sering menghadapi berbagai jenis soal.

3. Mengerti, bukan menghafal

Dengan begini, kamu bakalan enak banget belajarnya karena hal-hal yang penting dan sering keluar dalam ujian sudah dirangkum sesederhana mungkin.

4. Sambil dengarkan musik

Mendengarkan musik juga jadi salah satu cara belajar efektif yang ampuh, lho. Tapi jangan dengarkan musik yang ada liriknya, ya. Cukup alunan musik yang membangkitkan mood seperti musik klasik. Konon, nada-nada dalam musik klasik ini bisa membangkitkan bagian-bagian tertentu supaya otak bisa mencerna lebih baik saat belajar.

 

Cara belajar efektif di sekolah/kampus

1. Diskusi bareng teman

Eits, kalau lagi ngobrol sama teman jangan cuma ngomongin gebetan, ya! Sekali-sekali diskusi bareng teman mengenai pelajaran. Tanyakan mana yang ia enggak mengerti dan coba bantu jelaskan, begitu juga sebaliknya. Dengan membantu memberi penjelasan dan dijelaskan, niscaya pengetahuan kamu pun makin bertambah.

2. Mencatat sambil mendengarkan guru/dosen

Nah, mungkin enggak semua guru punya metode belajar yang sama, ya. Ada juga guru yang menjelaskan materi hanya berbicara di depan kelas. Tapi di sinilah kamu bisa mengambil banyak ilmunya. Sambil mendengarkan guru berbicara, kamu juga bisa mencatatnya di buku catatan. Enggak perlu semua ditulis, cukup bagian penting saja. Asyiknya lagi dengan metode belajar ini, kamu bisa memberi pertanyaan kalau belum jelas dan mencatat jawaban sang guru.

3. Gunakan waktu istirahat

Istirahat pun penting lho kalau kamu mau menjalani cara belajar efektif. Waktu belajar di sekolah cukup panjang, untuk itu gunakan waktu istirahat kamu sebaik mungkin. Usahakan jangan menggunakan waktu istirahat untuk terus-terusan belajar, ya. Sebab, dengan begitu kamu malah jadi gampang jenuh dan cepat lelah.

 

Sumber: www.quipper.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *